Singkat saja mengenai apa itu “Politik”

Politik adalah suatu fenomena yang dimana dilakukan oleh seorang individu untuk memperoleh kekuasaan dalam suatu negara demokrasi

Dalam akhir akhir ini ilmu politik bukan sesuatu yang asing lagi untuk kita semua .  politik dicanangkan untuk mencanangkan program trias politica yang sebagaimana di ungkapkan oleh montesqeu

Ilmu politik bukan hanya sekadar mengetahui saja namun juga di pelukan kemampuan untuk memecahkan masalah politik yang berkembang.

Dalam ilmu politik diperlukan :

  1. Kepribadian dan kesadaran untuk memahami  pancasila dalam bermasyarakat madani
  2. Menguasai keahlian dasar untuk memahami , menjelaskan , dan memecahkan masalah politik. Dan manajemen pemerintahan maupun implementasinya dalam penunjang proses pembangunan .
  3. Memiliki kemampuan dalam pengembangan kelembagaan baik secara fungsional  maupun structural dan memiliki kemampuan manajerial dalam menjalankan aktivitas organisasi public maupun privat
  4. Bersikap terbuka dan tanggap terhadap perubahan dalam masyarakat dan politik serta kemajuan ilmu ilmu social dan sains teknologi

Dalam perkembangannya politik telah lahir dalam abad ke 5 SM. Dimana tiap manusia mencari suatu kekuasaan dalam mewujudkan keinginannya walaupun menurut ajaran hizbut tahrir mencari kekuasaan itu haram, karena menurutnya kekuasaan hanya milik ALLAH SWT  dan manusia tidak berhak membuat peraturan antar sesama manusia .

Kewenangan dan legitimasi ;

Kewenangan adalah kekuatan yang mendapatkan keabsahan dan legitimasi

Kewenangan adalah hak moral untuk membuat dan melaksanakan keputusan politik .

Legitimasi adalah engakuan dan penerimaan masyarakat kepada pemimpin untuk memerintah , membuat dan melaksanakan kebijakan politik .

Persamaan antara kekuasaan , kewenangan dan legitimasi adalah karena letiganya berkaitan dengan hubungan antara pemimpin dan yang di pimpin.

Perbedaan kekuasaan adalah penggunanaan sumber sumber kekuasaan untuk mempengaruhi pembuat dan pelaksana kebijakan politik. Sedangkan  kewenangan adalah  hak moral untik membuat dan membuat keputusan politik yang bersifat top down.

Objek legitimasi :

  1. Masyarakat politik
  2. Hukum
  3. Lembaga politik
  4. Pemimpin politik
  5. Krisis kebijakan

Krisis ini terjadi  secara berurutan kekika sudah memncapai krisis kebijakan  maka sebenarnya sudah terlewati krisis identitas , krisis konstitusi krisis kelembagaan dan krisis kepemimpinan.

Dalam pelaksanaannya kini politik di Indonesia, kenyataannya penuh dengan kedustaan dan kebohongan yang dimaksudkan daln sebuah istilah yaitu KKN .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s